Selasa, 20 November 2012

RPP Sejarah SMA Kelas X Semester I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENELITIAN DAN PENULISAN SEJARAH

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran           :Sejarah
Kelas/Semester            :X/1             
Standar Kompetensi   : 1. Memahami Prinsip dasar ilmusejarah
Kompetensi Dasar      : 1.1. Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian


I.         Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Menjelaskan data dan fakta sejarah
2.      Menjelaskan perbedaan Artefak, fakta sosial, dan fakta mental
3.      Menjelaskan bentuk-bentuk penelitian sejarah
4.      Menjelaskan beberapa hal penting dalam penulisan sejarah
5.      Menjelaskan jenis-jenis penulisan sejarah
6.      Menjelaskan Langkah-langkah dalam penelitian sejarah

II.      Tujuan
Siswa dapat,
1.    Menjelaskan data dan fakta sejarah
2.    Menjelaskan perbedaan Artefak, fakta sosial, dan fakta mental
3.    Menjelaskan bentuk-bentuk penelitian sejarah
4.    Memahami beberapa hal penting dalam penulisan sejarah
5.    Menuliskan  jenis-jenis penulisan sejarah
6.    Memahami Langkah-langkah dalam penelitian sejarah
·         Karakter siswa yang diharapkan :
-          Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-          Percaya Diri





III.   Materi Ajar
1.      data dan fakta sejarah
2.      Artefak, fakta sosial, dan fakta mental
3.      bentuk-bentuk penelitian sejarah
4.      beberapa hal penting dalam penulisan sejarah
5.      jenis-jenis penulisan sejarah
6.      Langkah-langkah dalam penelitian sejarah


IV.   Metode Pendekatan
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan

Alokasi Waktu
8 Jam Pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
·        Menjelaskan perbedaan Artefak, fakta sosial, dan fakta mental melalui diskusi kelas

·         Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk penelitian sejarah dan memahami langkah-langkah dalam penelitian sejarah



V.      Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   data dan fakta sejarah
o   Artefak, fakta sosial, dan fakta mental
Kegiatan Awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa/perkenalan
Apersepsi
Di kelas X telah di pelajari mengenai ilmu sejarah dan ruang kajiannya yang meliputi pengertian sejarah hingga keunikan sejarah lisan dalam masyarakat indonesia. Apakah kamu masih ingat mengenai pengertian sejarah, kegunaan, serta jenis-jenis sejarah tersebut ? sekarang kita membahas mengenai penelitian dan bentuk dari sumber tersebut yang  biasa digunakan dalam dasar-dasar penelitian.

Motivasi
Dengan mempelajari data dan sejarah, kita dapat memahami sumber-sumber serta bentuk dari sumber sejarah  dalam penelitian.
Kegiatan Inti          
Eksplorasi
            Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-          Membahas sumber-sumber di dalam suatu penelitian sejarah dan menguraikan masing-masing sumber penelitian sejarah sesuai dengan LKS hal.35 dan LKS hal.36.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Elaborasi
            Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Konfirmasi
            Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
o   Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan materi yang telah disampaikan. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Memberi tugas untuk pertemuan yang berikutnya  ( mempelajari LKS hal. 38). .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   bentuk-bentuk penelitian sejarah
o   beberapa hal penting dalam penulisan sejarah
Kegiatan Awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
Kegiatan Inti (30 menit)
Eksplorasi
            Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas bentuk-bentuk dari penelitian sejarah dan hal-hal yang penting dalam penelitian sejarah sesuai dengan  LKS hal.38 ( yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Elaborasi
            Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)

Konfirmasi
            Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
o   Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Kegiatan Akhir(5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Memberikan tugas. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)

Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   jenis-jenis penulisan sejarah
Kegiatan Awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak mengerjakan PR.
Kegiatan Inti (30 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas jenis-jenis penulisan  dalam penelitian sejarah sesuai dengan LKS hal.41. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)

Elaborasi
            Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Konfirmasi
            Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
o   Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Kegiatan Akhir(5 menit)
o   Menyimpulkan materi yang telah disampaikan. .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Memberi tugas untuk pertemuan yang berikutnya  ( mempelajari LKS hal. 42).
( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)



Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Langkah-langkah dalam penelitian sejarah
Kegiatan Awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
Kegiatan Inti (30 menit)
Eksplorasi
            Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas langkah-langkah dalam penelitian sejarah sesuai dengan  LKS hal.42 ( yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. ( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Elaborasi
            Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Konfirmasi
            Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
o   Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Kegiatan Akhir(5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)

Pertemuan Kelima: (2 jam pelajaran)
Kegiatan Awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
Kegiatan Inti (40 menit)
Elaborasi
            Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Ulangan.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Konfirmasi
            Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
o   Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
o   Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui.( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)
Kegiatan Akhir(5 menit)
o   Memberi tugas untuk pertemuan yang berikutnya .( nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Tanggung Jawab,Rasa ingin Tahu, Saling menghargai, komunikatif.)

VI.   Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku Sejarah; LKS, Multimedia.

VII. Penilaian

1.      Sebutkan 4 sumber sejarah yang biasa digunakan dalam suatu penelitian sejarah ?
2.      Mengapa sumber primer menjadi sumber utama dalam suatu penelitian sejarah ?
3.      Sebutkan dan jelaskan 4 jenis dari penulisan sejarah ( Historiografi ) ?
4.      Apa yang dimaksud dengan sejarah yang bersifat Indonesiasentris ? Jelaskan!
5.      Pada uraian penulisan historiografi bersifat Problem Solving, Jelaskan Maksud dari Problem Solving!

........................2011

            Mengetahui
         Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran



 

NIP.                                                                                      NIP.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pilih Kategori Artikel