Rabu, 06 Maret 2013

Silabus Matematika SMA Kelas X Semester Ganjil


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :          
Mata Pelajaran          :           MATEMATIKA
Kelas / Program        :           X / UMUM
Semester                     :           GANJIL

Sandar Kompetensi: 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma


Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /Bahan/ Alat

Teknik
Bentuk Instrumen


Contoh  Instrumen

1.1.    Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.

Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma.

-   Sifat - sifat bila-ngan berpangkat dengan pangkat bulat positif,          pangkat bulat negatif, dan nol.











  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-  Memberikan contoh bentuk perkalian berulang.
-  Menyimak pemahaman dan pendeskripsian tentang bilangan berpangkat, bilangan pokok (basis), dan pangkat (eksponen).
- Menyimpulkan atau mendefinisikan sifat- sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, negatif, dan nol.

-  Menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk pangkat dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk pangkat.

-  Menyederhanakan bentuk bilangan berpangkat.

- Menyatakan bilangan yang berpangkat bulat negatif ke dalam bentuk bilangan yang berpangkat bulat positif, dan sebaliknya.

-  Menyederhanak-an bentuk suatu bilangan berpangkat.












-  Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.


Tugas individu.

Uraian singkat.

1.  Sederhanakanlah.
     a. 
     b.











2.  Nyatakan bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
     a.    
      b. 

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket (Buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk) hal. 1-6, 7-9, dan 10-13.
Buku referensi lain.

Alat:
-  Laptop
-  LCD
-  OHP



-  Notasi Ilmiah.



-   Mengenal dan memahami pengertian notasi ilmiah.

-   Menyatakan suatu bilangan yang sangat  besar atau sangat kecil ke dalam notasi ilmiah.

-   Menyatakan notasi ilmiah ke dalam suatu  bilangan.
-   Menghitung dan menyatakan hasil operasi bilangan (perkalian dan pembagian) ke dalam notasi ilmiah.

-  Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.



3.   Nyatakan bilangan berikut  dalam notasi ilmiah.
  a.   0,0000002578
      b.  820.000.000.000.000




-  Bilangan rasional.

-  Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).



-   Menjelaskan definisi dan contoh bilangan rasional.

-   Memeriksa apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bukan.

-   Menuliskan bilangan - bilangan rasional di antara dua buah bilangan.
-   Menjelaskan definisi dan contoh bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
   Menunjukkan bahwa suatu bilangan merupakan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
-   Menyederhanakan bilangan bentuk akar

-  Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).

Tugas individu.

Uraian singkat.

-  Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah yang merupakan bilangan bentuk akar?
   a.             d. 
   b.             e. 
   c.           f. 

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 14,      15-16, 17.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



- Operasi aljabar pada bentuk akar.



-   Menentukan hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar.

-    Menyederhanakan bentuk akar
     dan
   

-   Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.

Tugas
kelompok.

Uraian singkat.

- Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut dalam bentuk akar yang sederhana.
   a.  
   b.

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.    18-22.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP


-    Merasionalkan
     penyebut pecahan bentuk akar.




-    Menentukan sekawan suatu bilangan.

-   Merasionalkan penyebut pecahan bentuk  akar dengan mengalikan pembilang dan penyebut pecahan dengan sekawan dari penyebut.


-    Merasionalkan
     penyebut pecahan yang berbentuk akar.

Tugas individu.

Uraian singkat.
-   Rasionalkan penyebut
     tiap pecahan berikut.
    a.             
    d.  
    b.      
    e.   
    c. 

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket
hal. 23-28.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-    Pangkat rasional:
-    Bilangan berbentuk  atau  untuk  dan
     himpunan      bilangan asli.
-    Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-    Persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.



-   Menyimpulkan atau mendefinisikan bilangan dalam bentuk akar dan bilangan bentuk pangkat pecahan.
-   Menggunakan sifat bilangan dengan pangkat rasional untuk menyelesaikan persoalan.

-   Menyatakan suatu bilangan dengan pangkat rasional ke dalam bentuk akar.

-    Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.

-    Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.


-   Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.







-  Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.

-  Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.

Kuis

Uraian singkat.

1.   Nyatakan bilangan - bilangan berikut dalam bentuk pangkat.
     a.              
     d.
     b.          
     e.
     c. 
2. Sederhanakanlah bentuk

3. Tentukan nilai x dari persamaan

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.     28-31, 32-33, 33-36.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-    LCD
-   OHP



-   Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
-   Notasi Ilmiah.
-   Bilangan rasional.
-   Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
.   Operasi aljabar pada bentuk akar.
-    Merasionalkan
     penyebut pecahan bentuk akar.
-    Pangkat rasional.




-    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan berpangkat (pangkat bulat positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.

-    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat (pangkat bulat  positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan     penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.

  Ulangan harian.

Pilihan ganda.












Uraian singkat.
1. 
     a.           
    d.
     b.          
     e. 
     c. 



2.   Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
     a.          
     d.
     b.             
     e.
     c.

2 × 45 menit



-    Pengertian  logaritma.

-    Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).




-    Menyimpulkan atau mendefinisikan logaritma dan sifat - sifat logaritma.

-    Mengubah bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.

-    Menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk logaritma.
-        


-    Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.





-    Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.



Tugas
kelompok.

Uraian singkat.

1.   Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
      a.   
      b.   
      c.   
2.    Sederhanakanlah

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.     36-38, 38-43.
Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP



-    Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel
    atau kalkulator.

-    Logaritma untuk perhitungan.




-   Menentukan logaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel logaritma atau kalkulator.

-    Menentukan antilogaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel antilogaritma atau kalkulator.

-    Menggunakan logaritma untuk perhitungan.


-    Menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.

Tugas
individu.

Uraian singkat.

Tentukan nilai dari logaritma    berikut.
a.  log 45,458
b.  log 144,3
c.  log 0,05
d.  log 0,098
e.  log 0,001

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.    44-47, 48-50, 51-52.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP


-    Pengertian  logaritma.

-    Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).

-   Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator

-   Logaritma  untuk  
     perhitungan.




-   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pengertian  logaritma, sifat- sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.


-    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.

Ulangan harian.

Pilihan ganda.








Uraian singkat.

1.    Nilai            adalah…….
       a.   5              
       d.   1,5      
       b.   2,5           
      e.   0,6
       c.   2
2.    Jika , maka  =…
       a.             
       d.
       b.             
       e.
       c.


2 × 45 menit


1.2. Melakukan manipu-lasi aljabar dalam perhitu-ngan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.

-    Sifat-sifat bilangan dengan pangkat bulat.

-    Bentuk akar.


-   Sifat-sifat logaritma.


  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-    Menyederhanakan bentuk aljabar  yang memuat pangkat bulat.

-   Menyederhanakan bilangan bentuk akar.

-   Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat logaritma.

-   Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.


-   Menyederhanak-an bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

Tugas
individu.

Uraian singkat.

Bentuk sederhana dari   adalah ....

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 5-9,      17-28, dan 38-43.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-    Sifat-sifat  bilangan berpangkat bulat positif.

-   Sifat-sifat logaritma.




-   Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

-   Membuktikan sifat- sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

Tugas kelompok.

Uraian  obyektif.

Buktikan bahwa     , , dan

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 4-6, dan 38-43.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-    Sifat bilangan dengan pangkat rasional.

-    Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.

-   Sifat-sifat dari logaritma serta bilangan berpangkat bulat positif.




-    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sifat dari bilangan berpangkat rasional dan berpangkat bulat positif, merasional kan penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat-sifat dari logaritma.



-    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan berpangkat rasional dan berpangkat bulat      positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat- sifat dari logaritma.

Ulangan harian

Pilihan ganda.













Uraian obyektif.

1.  Jika  dengan  dan , maka nilai =.....
    a. 16              
    d.  
    b. 8            
     e.  
    c. 2

2. Dengan cara merasionalkan  
    bagian penyebut  ekuivalen dengan…..



2 × 45 menit



2011
Mengetahui                                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA


  
Nip.                                                                                                                                                                  Nip.


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : 
Mata Pelajaran          :  MATEMATIKA
Kelas / Program        :  X / UMUM
Semester                     :  GANJIL

Sandar Kompetensi  : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan   kuadrat.

Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber / Bahan /
Alat

Teknik
Bentuk Instrumen

Contoh  Instrumen

2.1. Memahami konsep fungsi.

-  Fungsi, Persamaan Kuadrat, dan Pertidaksamaan Kuadrat.

-  Pengertian fungsi.














-  Fungsi aljabar sederhana dan kuadrat.

  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-    Mendeskripsikan pengertian fungsi.
-    Memahami konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui contoh-contoh.
-    Mengidentifikasi ciri-ciri relasi yang merupakan fungsi.
-    Menjelaskan peristiwa sehari-hari yang dapat dipandang sebagai fungsi.
-   Menentukan daerah asal (domain) dan daerah kawan (kodomain), serta daerah hasil (range) dari fungsi.
-    Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat fungsi.
-    Mendeskripsikan karakteristik fungsi berdasarkan jenisnya, yaitu karakteristik dari beberapa fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus (nilai mutlak), fungsi linear) dan fungsi kuadrat.

-  Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.


















-  Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.


Tugas individu.

Uraian singkat.

1.  Perhatikan diagram berikut.
 

  (a)







  (b)

Diagram manakah yang mendefinisikan fungsi? Jelaskan.

2.  Berikan sebuah contoh dari masing - masing jenis fungsi.


2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket (Buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,dkk) hal. 63-65, 65-69.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP


2.2.   Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

- Grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-  Menentukan nilai fungsi dari fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.

-  Membuat tafsiran geometris dari hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat yang bersesuaian.

-  Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan grafik fungsi kuadrat menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat yang bersesuaian.

-  Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.

-  Merumuskan hubungan antara sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dan koefisien - koefisien fungsi kuadrat.

-  Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.

-  Menggambar grafik fungsi kuadrat menggunakan hasil analisis rumus fungsinya.

-  Mengidentifikasi definit positif dan definit negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.

-  Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.

Tugas  individu.

Uraian singkat.

-    Gambarkan grafik fungsi kuadrat dengan persamaan sebagai berikut.
     a.                  
     b. 
     c.                  


2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 65-69, 97-99.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP


2.3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

-  Persamaan kuadrat dan penyelesaian- nya.

  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-  Mendeskripsikan bentuk umum dan contoh dari persamaan kuadrat.
-  Mencari akar-akar (penyelesaian) persamaan kuadrat dengan faktorisasi (pemfaktoran).
-  Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna.
-  Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc.


-  Menentukan akar-akar  persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc.

Tugas
kelompok.

Uraian
singkat.

-  Dengan menggunakan rumus abc, tentukan akar-akar persamaan kuadrat berikut:
    a.                  
    b. 


2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 69-72, 72-75,  75-78.
Buku referensi lain.

Alat:
-  Laptop
-  LCD
-  OHP


-  Pertidaksa maan kuadrat dan penyelesaian nya.




-  Mendeskripsikan bentuk umum dan contoh pertidaksamaan kuadrat.
-  Menentukan penyele-saian pertidaksamaan kuadrat.
-  Menemukan arti geometris dari penyelesaian pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik fungsi kuadrat.
-  Mendeskripsikan tafsiran geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
-  Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan metode titik uji.

-  Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.

Kuis.

Uraian obyektif.

-  Tentukan penyelesaian pertidaksamaan berikut.
    a.                  
    b. 
    c.                  


2 × 45 menit

Sumber
Buku paket
hal. 79-83.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-  Pengertian fungsi.
-  Fungsi aljabar sederhana dan kuadrat.
- Grafik fungsi alja-bar sederhana dan fungsi kuadrat.
-  Persamaan kuadrat dan penyelesaian- nya.
- Pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya.




-  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pengertian fungsi, fungsi aljabar sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat, serta penyelesaian dari persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.


-  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian fungsi, fungsi aljabar sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat, serta penyelesaian dari persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.


Ulangan harian.

Pilihan ganda.







Uraian obyektif.

1.  Salah satu akar persamaan  adalah -2,  maka nilai m = .....
      a.   -4                  
      d.   4
      b.   -2                 
      e.   6
      c.    2
2.  Tentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat berikut.
       a.                  
      b. 

2 × 45 menit



- Diskriminan persamaan kuadrat.




-  Mengidentifikasi hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai diskriminan.
-  Merumuskan hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai diskriminan.
Menyelidiki jenis akar persamaan kuadrat dengan menghitung diskriminan persamaan kuadrat.


-  Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.

Tugas individu.

Uraian obyektif.

-  Persamaan  mempunyai dua akar tidak nyata, maka nilai m adalah......

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 83-85.
Buku referensi    lain.
Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-  Rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.






-  Menghitung jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dari hasil penyelesaian persamaan kuadrat.
-  Menentukan hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
-  Merumuskan hubungan antara jumlah dan hasi kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
-  Membuktikan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat.
-  Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dalam perhitungan.

-  Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.




Kuis.

Uraian  obyektif.

-  Jika p dan q adalah akar - akar persamaan kuadrat , tentukan nilai-nilai dari:
   a.      
   b.
   c.
   d.


1 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 86-89.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP

- Hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar.


-  Mengidentifikasi hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar.
-  Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat yang diketahui.

-  Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.

Tugas
   individu.
Uraian singkat.
-  Tentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berikut.
   a.                  
   b. 

1 × 45 menit
Sumber:
Buku paket hal. 89-91.
Buku referensi lain.
Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP

2.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksama-an kuadrat.

-  Penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.

-  Penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.


  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-  Menyusun persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya, yaitu dengan menggunakan perkalian faktor atau menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar.
-  Menyusun persamaan kuadrat yang akar- akarnya mempunyai hubungan dengan akar - akar persamaan kuadrat lainnya.
-  Mengenali persamaan- persamaan yang dapat diubah ke dalam persamaan kuadrat.
-  Menyelesaikan persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.

-   Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.

Tugas kelompok.

Uraian obyektif.

-  Akar-akar persamaan  adalah  dan . Persamaan kuadrat baru yang akar - akarnya
    dan  adalah.....

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 91-92, 92-93,  93-96.
 Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP


-  Diskriminan persamaan kuadrat.
-  Rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
-  Hubungan
   antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar.
-  Penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
Penyelesaian persamaan lain yang  berkaitan dengan persamaan kuadrat.



-  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan diskriminan persamaan kuadrat, rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang akar- akarnya diketahui,
   penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.



-  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan, rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui, penyelesaian persamaan  lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.

Ulangan harian.

Pilihan ganda.










Uraian  obyektif.

1. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya -5 dan 6 adalah.......
   a.                  
   b.   
   c.                  
   d.   
   e. 

2.   Fungsi kuadrat dengan persamaan
    
       akan merupakan definit positif,  jika nilai p adalah.......

2 × 45 menit



-  Penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri -ciri tertentu.



-  Menentukan persamaan kurva jika diketahui titik baliknya.
-  Menentukan persamaan kurva jika diketahui titik potongnya dengan sumbu X.
-  Menentukan persamaan kurva dari sebuah fungsi jika diketahui 3 titik yang dilalui parabola.


-  Menentukan persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat.


Tugas kelompok.

Uraian singkat.

Persamaan grafik pada gambar adalah .........

2 × 45 menit
Sumber:
Buku paket hal.       103-107.
Buku referensi lain.
Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP

2.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan / atau fungsi kuadrat.














2.6.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya.

-  Penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.

  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

















  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras



  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

















  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan



-  Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat.
-  Menentukan besaran masalah yang dirancang sebagai variabel persamaan atau fungsi kuadrat.
-  Merumuskan persamaan atau fungsi kuadrat yang merupakan model matematika dari  suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari-hari.
-  Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari - hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
-  Menafsirkkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari - hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.


-  Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.



Tugas kelompok.

Uraian singkat.



















Uraian
obyektif.

-  Persamaan parabola yang grafiknya melalui titik (0, 2),  (2, 4), dan (3, 8) adalah........


















-  Tentukan penyelesaian dari persamaan parabola yang grafiknya melalui titik   (0, 2), (2, 4), dan (3, 8).

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal.      108-110.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-  Penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri -ciri tertentu.
-  Penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.




-  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.




-  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.


Ulangan
   harian.

 Pilihan ganda.







Uraian  obyektif

1.  Suatu kawat yang panjangnya 38 cm dibengkokkan membentuk persegi panjang yang luasnya 84 cm2. Panjang persegi panjang yang terbentuk adalah........
     a.  22 cm             d. 7 cm
     b.  21 cm             e. 5 cm
     c.  12 cm
2.  Tentukan sumbu simetri, titik puncak, sifat definit positif atau negatif dari fungsi kuadrat berikut ini.
     a. 
     b. 
     c.  


2 × 45 menit



2011
Mengetahui                                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA


  
Nip.                                                                                                                                                                  Nip.


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :          
Mata Pelajaran          :           MATEMATIKA
Kelas / Program        :           X / UMUM
Semester                     :           GANJIL

Sandar Kompetensi: 3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel.

Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber / Bahan / Alat

Teknik
Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

3.1.   Menyelesaikan sistem persamaan  linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel

 -  Sistem  Persamaan            Linear dan Kuadrat.


 -  Sistem persamaan linear dua variabel.













  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-  Mengidentifikasi langkah - langkah penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.

-   Menggunakan sistem persamaan linear dua variabel untuk menyelesaikan soal.

 Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.

-   Menentukan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.

 -  Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.









 -  Memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.

Tugas individu.

Uraian singkat.

1.   Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear berikut:
    

    





4 × 45 menit

Sumber:
Buku paket (Buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk) hal. 126-130, 130-132, 133,    134-138.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP


 -  Sistem persamaan linear tiga variabel.




-   Mengidentifikasi langkah- langkah penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.
-   Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.
-   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.


 -  Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.


Tugas
kelompok.

Uraian singkat.

 -   Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persaman linear berikut:
   


2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 138-144.
Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP



-    Sistem persamaan linear dua variabel.

-    Sistem persamaan linear tiga variabel.




-    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel.


-    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel.


Ulangan harian.

Pilihan ganda.







Uraian obyektif.

1.  Himpunan penyelesaian        
sistem persamaan
adalah  . Nilai dari 
2.   Himpunan penyelesaian sistem persamaan
    
     adalah .
     Nilai dari


2 × 45 menit



-   Sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.




-   Mengidentifikasi langkah - langkah penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.

-   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel dengan menggunakan grafik.
-  Memeriksa hasil penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel berdasarkan grafik, dengan menggunakan metode eliminasi -substitusi.


-    Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.

Tugas individu.

Uraian obyektif.

-    Nilai  yang memenuhi sistem  persamaan:
      adalah….

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 144-148.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-   Sistem persamaan kuadrat (pengayaan).






-   Mengidentifikasi langkah- langkah penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.

-   Menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.




-   Menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.



Kuis.

Uraian  obyektif.

-    Himpunan penyelesaian sistem persamaan:
     adalah ,  maka nilai dari


2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 148-152.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



 -    Sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel (pengayaan).





-   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.


-   Menyelesaikan sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.


Tugas
    individu.

Uraian singkat.

-    Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan: 


2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 153-156.
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP


3.2.Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.

















3.3.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.

-   Penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.


  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

















   Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan


















  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-   Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear.
-   Menentukan besaran dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear, yang dirancang sebagai variabel sistem persamaan linearnya.
-   Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear.

-   Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear.

-   Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem  persamaan linear.

-     Mengidentifika-si masalah yang berhu-bungan dengan sistem persamaan linear, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.


Tugas kelompok.

Uraian obyektif.

-    Dua orang anak berbelanja di sebuah toko. Anak pertama membayar Rp7.450,00 untuk membeli 3 pensil dan 2 buku tulis, sedangkan anak kedua harus membayar Rp11.550,00 untuk membeli 5 pensil dan 3 buku tulis. Maka harga pensil per buah adalah.....

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 125, 134-138
Buku referensi lain.

Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP



-   Sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.
-  Sistem persamaan kuadrat.
-   Sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel. Penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.




-  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel, sistem persamaan kuadrat, sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel, serta penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.


-    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel, sistem persamaan kuadrat, sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel, serta penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.

Ulangan harian.

Pilihan ganda.






-    Himpunan penyelesaian sistem persamaan:
     adalah
    , maka nilai dari
       a.   -8              d.   0
       b.   -6              e.   2
       c.   -2

2 × 45 menit


3.4. Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.

 Pertidaksamaan.
-   Pertidaksamaan linear.

-   Pertidaksa maan satu variabel berbentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat)

     

  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan

-   Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variabel.
-  Menggunakan pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variable untuk menyelesaikan soal.
-  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variabel.
-  Mengidentifikasi langkah - langkah penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).
-  Menggunakan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat) untuk  menyelesaikan soal.
-  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (bentuk linear dan kuadrat).

-    Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.




-    Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).





Tugas individu.

Uraian singkat.

1.  Nilai  yang memenuhi
     pertidaksamaan
     adalah…





2.  Nilai  yang memenuhi 
      pertidaksamaan
        adalah…

4 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 164-168, 168-171, 172-174
Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP



-   Pertidaksa maan bentuk akar.


-   Pertidaksa-maan bentuk nilai mutlak.




-  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk akar.

-  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak.


-   Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.


Tugas kelompok.

Uraian singkat.

1.   Nilai  yang memenuhi
      pertidaksamaan
     adalah…

2.  Tentukan himpunan penyelesaian dari  pertidaksamaan .

2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 175-177, 179-182
Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP


3.5.Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.















3.6. Menyelesaikan model  matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya.


-   Penerapan kon-sep pertidak-samaan satu variabel dalam menyelesaikan masalah nyata.


  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras














Rasa ingin tahu
Mandiri
Kreatif
Kerja keras

Berorientasi tugas dan hasil
Percaya diri
Keorisinilan















Berorientasi tugas dan hasil
Percaya diri
Keorisinilan

-  Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

-  Menentukan besaran dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel, yang dirancang sebagai variabel pertidaksamaan satu variabelnya.

-   Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan  dengan pertidak-samaan satu variabel.


-   Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

-  Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

-   Mengidentifika-si masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematika-nya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.


Tugas kelompok.

Uraian singkat.

-    Jumlah dari dua biangan ganjil berurutan lebih dari 21. Tentukanlah nilai dari bilangan yang terbesar dari kedua bilangan tersebut.


2 × 45 menit

Sumber:
Buku paket hal. 183-185.
Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-    OHP



-    Pertidaksa maan linear.
-   Pertidaksa maan satu variabel berbentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat)
-   Pertidaksamaan bentuk akar.
-   Pertidaksamaan bentuk nilai mutlak.
-   Penerapan konsep pertidaksamaan satu variabel dalam menyelesaikan masalah nyata.




-   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pertidak-samaan linear, pertidaksamaan pecahan (pecahan bentuk linear dan kuadrat), pertidaksamaan bentuk akar, pertidaksamaan bentuk nilai mutlak, dan penerapan konsep pertidaksama-an satu variabel dalam menyelesaikan masalah nyata.


-   Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pertidaksa-maan linear, pertidak-samaan pecahan (pecahan bentuk linear dan kuadrat), pertidak-samaan bentuk akar, pertidaksamaan bentuk nilai mutlak, dan pene-rapan konsep pertidak-samaan satu variabel  dalam menyelesaikan masalah nyata.


Ulangan harian.

Pilihan ganda.












Uraian singkat.

1.  Nilai  yang memenuhi pertidaksamaan  adalah.......
     a. 
     b. 
     c.   atau
     d.   atau
     e.   atau



2.  Tentukan himpunan penyelesaian dari  pertidaksamaan berikut:
     a. 
     b. 
     c. 
     d. 
     e. 
     f.  



2 × 45 menit



2011
Mengetahui                                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA


  
Nip.                                                                                                                                                                  Nip.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pilih Kategori Artikel