Minggu, 02 Desember 2012

Contoh soal ide pokok


      
      Bacalah teks berikut untuk soal nomor 1 dan 2!
      Seseorang yang akan memasuki dunia kerja atau baru bekerja, sering mengalami rasa tidak percaya diri(1). Ia sering bertanya pada dirinya,” Apakah saya siap masuk ke dunia kerja?” (2) Bahkan, bagi para karyawan baru, meskipun telah diberikan pelatihan, rasa gamang saat pertama kali menghadapi pekerjaan atau klien membuat dia percaya diri, ini sering terjadi(3). Apalagi, mendapat staf senior yang ketus atau galak, mereka menjadi was-was dan merasa diri tidak mampu (4). Kondisi persaingan saat ini yang makin ketat, membuat perusahaan tidak cukup waktu untu mempersiapkan para karyawan barunya agar terampil, seperti yang dilakukan sekitar 20 tahun yang lalu, di waktu persaingan usaha belum seketat sekarang (5).
1.      Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor….
a.       (1)                                d. (4)
b.      (2)                                e. (5)
c.       (3)


2.      Ide pokok paragraf  tersebut adalah…
a.                   Memasuki dunia kerja                                           d. kurangnya percaya diri      
b.                  Karyawan baru                                          e. sebutan guru profesional
c.                   Persaingan seorang karyawan
Bacalah dengan saksama paragraf  berikut untuk nomor 3-4!

(1) Teknik utama penanaman pohon adalah pemilihan bibit tanaman. (2) Bibit yang baik adalah bibit generatif yang berasal dari biji. (3) Bibit ini lebih tepat karena mempunyai akar tunggang dan dapat hidup lebih lama. (4) Akan tetapi, bibit ini sekurang-kurangnya telah tumbuh di wadahnya selama enam bulan dengan tinggi batang minimal lebih dari 1,50 m dan diameter 0,05 m dan untu mengujinya, cukup dengan mencabut bibit tersebut, apabila sulit dilepaskan maka itulah bibit yang baik. (5) Lubang tanam perlu dipersiapkan sedikitnya satu minggu sebelum penanaman dilakukan dan ukuran lubang tanam sangat bergantung pada besarnya tanaman.

3.      Kalimat utama paragraf  tersebut terdapat pada nomor….
a.(1)       b.(2)     c. (3)          d.(4)              e.(5)

4.         Ide pokok paragraf tersebut adalah….
a.       Macam-macam bibit tanaman pohon                    d. penanaman bibit pohon yang baik
b.      Teknik utama penanaman pohon                          e. pengujian bibit tanaman pohon
c.       Bibit pohon yang tahan lama hidup

5.                  Di beberapa daerah sudah mulai kekeringan. Sawah-sawah mulai kekurangan air. Rumput-rumput tampak kekuningan. Beberapa orang sudah mulai mencari air untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Wabah penyakit pun mulai berjangkit. Diimbau agar penduduk untuk salalu waspada akan bahaya ini.
Kalimat utama dari wacana diatas adalah…
a. Di beberapa daerah sudah mulai kekeringan
b. Sawah-sawah mulai kekurangan air
c. Beberapa orang sudah mulai mencari air untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
d. Wabah penyakit pun mulai berjangkit
e. Diimbau agar penduduk untuk salalu waspada akan bahaya ini.
6. Perilaku sehat merupakan pilar yang  paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada pilar lainnya. Seperti seorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu dengan perilaku sehat , seorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya. Ide pokok  paragraf  tersebut adalah …
a.       Memanfaatkan fasilitas yang ada
b.      Menjaga lingkungannya agar tetap sehat
c.       Perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar- pilar lainnya
d.      Berperilaku sehat akan menjaga kebersihan
e.       Perilaku sehat merupakan pilar utama.

7.      Teknologi peningkatan batu bara kalori rendah penting dikembangkan. Sekitar 60 persen cadangan batu bara Indonesia atau sekitar 36 miliar berkalori rendah. Produksi batu bara Indonesia saat ini sekitar 170 juta ton per tahun. Apabila hanya bertumpu pada batu bara kalori tinggi, produksi bisa bertahan untuk 150 tahun. Kalau ditanbah batu bara kalori rendah, bisa diperpanjang untuk 200 tahun – 300 tahun.
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
a.       cadangan batu bara kalori rendah di Indonesia
b.      produksi batu bara kalori rendah di Indonesia
c.       pentingnya peningkatan batu bara kalori rendah
d.      kurun waktu produksi batu bara kalori tinggi
e.       penambahan batu bara kalori rendah
  1. Kasus busung lapar yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB ) itu sudah memakan korban. Dari 51 bayi berusia di bawah lima tahun yang mengalami gizi buruk,tujuh diantaranya dilaporkan meninggal dunia . Mereka meninggal dunia karena menderita kekurangan kalori dan protein yang sangat parah. Seperti biasanya kita lihat pada anak- anak yang ada di afrika, bayiyang menderita busung lapar nyaris tinggal tulang yang terbalut kulit saja. Kalau keadaan ini tidak segera di tangani, maka perut bayi yang mederita itu menjadi buncit dan kakinya membengkak.  
    Ide pokok paragraf pada teks tersebut adalah…
a.       korban busung lapar
b.      kasus busung lapar
c.       akibat gizi buruk
d.      penderita busung lapar
e.       bayi yang meninggal

  1. (1)Dari data sensus pertanian 1983-1993  setiap tahun lahan pertanian yang dikorversi di Indonesia mencapai 40.000 hektare.(2)Kalau setiap hektare biasanya manghasilkan 5 ton gabah, pada tahun 1993 kita sudah kehilangan produk sebesar 2 juta ton.(3)sebuah penelitian menyebutkan bahwa luas lahan pertanian konvers kira-kira 2 kali lipat dari yang terjadi dasawarsa sebelumnya.(4)ini jelas semakin menurunkan potensi produksi yang biasa kita hasilkan.(5)setelah tahun 2007 belum diketahui berapa jumlah lahan yang dikonvarsi.
Kalimat utama pada teks diatas terdapat pada nomor …..
a. 1           c. 3            e. 5
b. 2           d. 4
10.                   Bacalah teks berikut dengan seksama!
Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi mengubah gaya hidup manusia. Itu bukan hal baru. Yang mulai muncul di Jakarta adalah hadirnya hotspot, area-area ditempat tertentu dimana orang bisa mengakses informasi melalui komputer, tanpa menggunakan kabel. Seorang professional mengaku bisa membalas surat eletronik dari rekan bisnis melalui kafe yang memiliki fasilitas hotspot. Seberapa nyamankah cara berkomunikasi ini ? ikuti juga berita peristiwa hot lain yang trjadi hingga sabtu malam.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah…
a.       Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi
b.      Kenyamanan cara berkomunikasi dengan hotspot
c.       Pemberitaan tentang hotspot di berbagai media
d.      Perkembangan gaya hidup manusia didunia
e.       Kemudahan pengaksesan informasi melalui komputer
11.              (1) Arang aktif  ialah sejenis arang  yang  diperoleh dari  suatu pembakaran yang        mempunyai sifat tidak larut dalam air. (2) Arang ini dapat diperoleh dari pembakaran zat-zat tertentu, seperti ampas tebu, tempurung kelapa, dan tongkol jagung. (3) Jenis arang ini banyak digunakan dalam beberapa industry pangan aatau nonpangan.(4) Industri yang menggunakan arang aktif adalah industri kimia dan farmasi, seperti pekerjaan menghilangkan bau yang tidak murni dan menguapkan zat yang tidak perlu.
         Kalimat  utama paragraf  di atas terdapat pada kalimat……..
a.          nomor (1)                  d. nomor (4)
b.      nomor (2)                     e. nomor (5)
c.          nomor (3)
12. Kelak petani tetap bisa menanam padi pada saat kemarau tiba. Itu jika mereka menanam padi hasil rekayasa genetika Tameka Bailey, mahasiswa pascasarjana di University of Arkansas, Amerika Serikat. Pada 2007 berkat asuhan Prof Ken Korth, ahli patologi tanaman, Tameka Bailey berhasil mengisolasi protein kinase yang mengatur produksi asam absisat. Asam itu membuat padi toleran terhadap kondisi eksterm. Kondisi ini sepeti kekeringan dan kadar garam tinggi.
Sumber:Trubus Januari 2010

Ide pokok paragraph di atas terletak pada kalimat…
a.      Pada tahun 2007 asuhan Prof.Ken Kerth, ahli patologi tanaman, berhasil mengisolasi protein kinase yang mengatur produksi asam absisat.
b.      Kelak petani tetap bisa menanam padi pada saat kemarau tiba.
c.       Itu jika mereka menanam padi hasil rekayasa genetika Tameka Bailey, mahasiswa pascasarjana di University of Arkansas, Amerika Serikat.
d.      Asam itu membuat padi toleran terhadap kondisi eksterm.
e.      Kondisi ini seperti kekeringan dan kadar garam tinggi.

13.    Lembaga Sensor Film (LSF) harus bekerja dengan pertimbangan multiperspektif. Dalam mencermati film yang akan beredar, LSF sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan faktor keprofesionalan saja, tetapi juga mempertimbangkan faktor agama, pendidikan, dan norma. Hal ini penting untuk menghindari gejolak masyarakat. Akan lebih baik apabila diedit dengan teliti dan mendalam daripada film tersebut ditarik dari peredaran setelah timbul gejolak masyarakat.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ….
a.       Penarikan film dari peredaran
b.       Penghindaran gejolak masyarakat
c.        Penggunaan faktor keprofesionalan
d.       Pertimbangan LSF dalam bekerja
e.        LSF mengedit film dengan teliti dan mendalam

14.    SBY yang didampingi cawapres Yusuf Kalla menegaskan bahwa beban negara ini sudah sangat berat. Untuk bisa mrngeluarkan masyarakat dari beban berat itu diperlukan pemimpin yang dipercaya, bersih, tegas, dan pekerja keras. Kita tidak menginginkan kehidupan seperti sekarang banyak masalah, kita ingin maju, berkembang, aman, sejahtera, dan makmur. Kalau masyarakat salah memilih, kita akan rugi lima tahun kedepan.
Gagasan utama paragraf diatas adalah...
a.       beban negara ini sudah sangat berat
b.       diperlukan pemimpin yang dipercaya, bersih, tegas, dan pekerja keras
c.        tidak menginginkan kehidupan banyak mesalah
d.       kita ingin maju, berkembang sejahtera dan makmur
e.        masyarakat jangan salah memilih pemimpin
15.    "Rayonisasi dulu dan sekarang itu berbeda. Kalau dulu rayonisasi mengelompokkan anak untuk melanjutkan sekolah pada daerah tertentu, sekarang hanya membantu orang tua murid mendaftarkan sekolah. Jadi lebih bersifat pelayanan. "Sekarang, murid bebas memilih sekolah", kata Abdul Rochim, Kepala Subdinas' Pendidikan Sekolah  Lanjutan Tingkat Pertama (SLIP) Dinas Pendidikan Dasar Provinsi DKI Jakarta, saat ditemui Kompas sebelum acara Sosialisasi PSB 2002/2003 di Jakarta, Jumat (10/5).


Gagasan utama paragraf di atas adalah....
a.       perbedaan pengertian rayonisasi dulu dengan sekarang
b.       rayonisasi adalah mengelompokkan anak untuk melanjutkan
c.        rayonisasi adalah wujud yang bersifat pelayanan
d.       kebebasan murid untuk memilih sekolah
e.        pernyataan Kepala Subdinas pendidikan SLIP   








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pilih Kategori Artikel