Minggu, 02 Desember 2012

Silabus Sejarah SMA Berkarakter Kelas XI Semester 2


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMA ......................                                                                                     
Program                       : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran            : Sejarah
Kelas/Semester            : X1/2
Standar Kompetensi   : 2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1. Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial
Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
·          Merkantilisme dan Kapitalisme


  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia
·          Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia



·          Portofolio






·          Rangkuman





·          Buatlah rangkuman mengenai pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia



3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mendemonstrasikan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·          Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·          Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia

·          Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·          Tes Lisan



·          Portofolio
·          Soal Peta



·          Uraian Analitis
·          Tunjukkanlah jalur kedatangan Bangsa Belanda ke Indonesia!


·          Buatlah uraian analitis mengenai pengaruh kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia terhadap perkembangan masyarakat!
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mendiskusikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
·          Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
·          Unjuk Kerja
·          Diskusi




·              Diskusikanlah tentang pengaruh kegiatan perdagangan dengan bangsa Eropa terhadap perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia! (Aktivitas hal 153)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mendiskusikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial 
·          Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial 
·          Unjuk Kerja
·          Diskusi
·              Diskusikanlah tentang kegagalan proses industrialisasi di Indonesia pada masa kolonial! Diskusikanlah pula tentang proses perkembangan tata ruang kota Indonesia pada masa kolonial! (Aktivitas hal 162)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing
·          Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing
·          Tes Tertulis
·          Pilihan Ganda





·          Uraian

·          Sultan Hasanuddin adalah tokoh perlawanan menghadapi VOC dari daerah ...
a.        Ternate    
b.        Mataram
c.        Tapanuli 
d.        Maluku
e.        Makassar (Evaluasi hal 167 – 169)
·          Apa yang dimaksud dengan kebijakan kerja paksa! (Evaluasi hal 169)
1x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan
Kesadaran Kebangsaan di Asia dan Afrika
·          Faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran nasionalisme di Asia dan Afrika


  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran berbangsa di Asia dan Afrika
·          Menghubungkan faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi dengan munculnya ideologi nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia


·          Portofolio






·          Uraian Analitis





·          Baca lebih banyak sumber buku dan artikel mengenai faham-faham yang telah diuraikan sebelumnya! Lalu, berilah pendapat Anda tentang masing-masing kebaikan dan kelemahan setiap faham dalam bentuk uraian analitis! (Aktivitas 176)


3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 171 – 190)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mendiskusikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
·          Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
·          Filipina
·          Malaysia
·          Vietnam
·          India
·          Mesir
·          Unjuk Kerja
·          Diskusi Jigsaw
·          Diskusikanlah pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika!
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 171 – 190)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Kehidupan kekotaan dan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Tes Tertulis
·          Pilihan Ganda




·          Uraian

·          Faham sosialisme masuk ke Indonesia melalui perantara ...
a.        Soebandrio   
b.        Semaun
c.        Tan Malaka
d.        D.N. Aidit
e.        Sneevliet (Evaluasi hal 187 – 190)
·          Sebutkan faktor-faktor yang membuat lahirnya gerakan pemuda di Indonesia! (Evaluasi hal 190)
1x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 171 – 190)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Latar belakang lahirnya nasionalisme di Indonesia





  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mendiskusikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia
·          Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda





·          Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia
·          Unjuk Kerja






·          Portofolio
·          Diskusi






·          Uraian Analitis

·          Diskusikanlah pengaruh sistem tanam paksa, politik etis, perkembangan media komunikasi-transportasi, dan nasionalisme di Asia-Afrika bagi perkembangan nasionalisme di Indonesia! (Aktivitas hal 196)
·          Buatlah uraian analitis berdasarkan hasil diskusi! (Aktivitas hal 196)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 191 – 228)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia



  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mendiskusikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia

·          Mendeskripsikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia




·          Unjuk Kerja



·          Portofolio
·          Diskusi



·          Uraian Analitis

·          Diskusikanlah pengertian nasionalisme dan peranannya dalam masyarakat sekarang! (Aktivitas hal 200)
·          Buatlah uraian analitis berdasarkan hasil diskusi! (Aktivitas hal 200)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 191 – 228)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia



  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mendiskusikan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia

·          Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia




·          Unjuk Kerja




·          Diskusi Jigsaw





·          Diskusikanlah perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia!
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 191 – 228)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Peristiwa-peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Tes Tertulis
·          Pilihan Ganda




·          Uraian

·          Ketua Partai Nasional Indonesia adalah ...
a.     Soekarno   
b.    Husni Thamrin
c.     Muso        
d.    Budiarto
e.     Dewi Sartika (Evaluasi hal 226 – 228)
·          Jelaskan latar belakang didirikannya GAPI! (Evaluasi hal 228)
1x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 191 – 228)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia
Pendudukan Jepang atas Indonesia
·          Latar belakang Jepang menguasai Indonesia


  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Menonton film The Last Samurai tentang Restorasi Meiji Jepang atau membaca berbagai literatur mengenai Restorasi Meiji
·          Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia



·          Portofolio






·          Uraian Analitis





·          Carilah dan tontonlah film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise! Kaitkan dan analisislah cerita dalam film tersebut dengan Restorasi Meiji pada abad ke-19! Buatlah tulisan berbentuk analisis tentang  nilai-nilai dari peristiwa Restorasi Meiji dan kemunculan Jepang sebagai bangsa penjajah didukung oleh berakhirnya kekuasaan para samura dan digantikan oleh para Shogun? (Analitika 244)
2x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 229 – 248)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Zaman pendudukan Jepang di Indonesia
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mendeskripsikan zaman pendudukan Jepang di Indonesia
·          Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan





·          Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah
·          Portofolio 







·          Tes Tertulis
·          Karya Tulis dan Gambar





·          Pilihan Ganda







·          Uraian

·          Buatlah atau carilah sebuah gambar yang menceritakan tentang kekejaman pendudukan Jepang di Indonesia! Lalu, buatlah sebuah karya tulis mengenai opini dan pandanganmu tentang kekejaman kolonialisme Jepang! (Aktivitas 244)
·          Pemberontakan terhadap Jepang yang dilakukan di Aceh dipmpin oleh ...
a.        Tengku Abdul Jalil
b.        H. Madriyan
c.        Zaenal Mustofa
d.        Teuku Hamid
e.        Supriyadi (Evaluasi hal 245 – 248)
·          Adakah pemberontakan pada masa pendudukan Jepang? Uraikan! (Evaluasi hal 247)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 229 – 248)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet

Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMA ......................                                                                                                                  
Program                       : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran            : Sejarah
Kelas/Semester            : X1/2
Standar Kompetensi   : 3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-                                 20
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

Peristiwa-Peristiwa Penting di Amerika dan Eropa serta Pengaruhnya Bagi Indonesia
·          Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia

  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·      Mendiskusikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia
·      Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia


·      Unjuk Kerja




·      Diskusi




·      Diskusikanlah jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia!




3x45 menit
·      Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 249 – 285)
·      Peta konsep
·      Power point
·      OHP/Slide
·      Buku penunjang
·      Internet

·          Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia

  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia

·          Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia

·          Tes Tertulis





·          Pilihan Ganda




·          Uraian



·          Pengganti Lenin untuk memimpin Uni Sovyet adalah ...
a.        Thorsky 
b.        Zinonov
c.        Stalin  
d.        Lazimir
e.        Nicolas (Evaluasi hal 276 – 278)
·          Uraikan pengaruh peristiwa penting di Eropa dengan kehidupan Indonesia! (Evaluasi hal 278)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 249 – 285)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet

3.2. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
·          Pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia

  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
·          Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia

·          Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia

·          Tes Tertulis





·          Pilihan Ganda




·          Uraian



·          Revolusi Inggris pertama berkembang di  ...
a.        Portugis       
b.        Inggris
c.      Spanyol      
d.      Amerika Serikat
e.        Belanda (Evaluasi hal 279 – 285)
·          Jelaskan akibat-akibat yang ditimbulkan oleh Revolusi Industri! (Evaluasi hal 285)
1x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA –   (hal 249 – 285)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pilih Kategori Artikel