SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
: SMA ......................
Program : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/2
Standar
Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia
sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
2.1. Menganalisis
Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan
Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial
|
Kolonialisme dan Imperialisme
Barat di Indonesia
·
Merkantilisme dan Kapitalisme
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai
pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme
dan imperialisme Barat di Indonesia
|
·
Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia
|
·
Portofolio
|
·
Rangkuman
|
·
Buatlah rangkuman mengenai pengertian merkantilisme dan
kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di
Indonesia
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 137 – 170)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
·
Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mendemonstrasikan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa
Barat ke Indonesia
·
Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke
Indonesia
|
·
Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat
ke Indonesia
·
Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke
Indonesia
|
·
Tes Lisan
·
Portofolio
|
·
Soal Peta
·
Uraian Analitis
|
·
Tunjukkanlah jalur kedatangan Bangsa Belanda ke
Indonesia!
·
Buatlah uraian analitis mengenai pengaruh kedatangan
bangsa-bangsa Barat ke Indonesia terhadap perkembangan masyarakat!
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 137 – 170)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
·
Perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mendiskusikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di
Indonesia
|
·
Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di
Indonesia
|
·
Unjuk Kerja
|
·
Diskusi
|
·
Diskusikanlah tentang pengaruh kegiatan perdagangan
dengan bangsa Eropa terhadap perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia!
(Aktivitas hal 153)
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 137 – 170)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
·
Kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mendiskusikan kondisi masyarakat Indonesia masa
kolonial
|
·
Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa
kolonial
|
·
Unjuk Kerja
|
·
Diskusi
|
·
Diskusikanlah tentang kegagalan proses industrialisasi
di Indonesia pada masa kolonial! Diskusikanlah pula tentang proses
perkembangan tata ruang kota Indonesia pada masa kolonial! (Aktivitas hal
162)
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 137 – 170)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
·
Perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan
asing
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap
kekuasaan asing
|
·
Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap
kekuasaan asing
|
·
Tes Tertulis
|
·
Pilihan Ganda
·
Uraian
|
·
Sultan Hasanuddin adalah tokoh perlawanan menghadapi
VOC dari daerah ...
a.
Ternate
b.
Mataram
c.
Tapanuli
d.
Maluku
e.
Makassar (Evaluasi hal 167 – 169)
·
Apa yang dimaksud dengan kebijakan kerja paksa!
(Evaluasi hal 169)
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 137 – 170)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
2.2. Menganalisis
Hubungan antara Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan
Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan
|
Kesadaran Kebangsaan di Asia dan
Afrika
·
Faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme,
pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran nasionalisme di Asia dan Afrika
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai
faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi
serta kesadaran berbangsa di Asia dan Afrika
|
·
Menghubungkan faham liberalisme, sosialisme,
nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi dengan munculnya ideologi
nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia
|
·
Portofolio
|
·
Uraian Analitis
|
·
Baca lebih banyak sumber buku dan artikel mengenai
faham-faham yang telah diuraikan sebelumnya! Lalu, berilah pendapat Anda
tentang masing-masing kebaikan dan kelemahan setiap faham dalam bentuk uraian
analitis! (Aktivitas 176)
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 171 – 190)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
·
Pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mendiskusikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
|
·
Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan
Afrika
·
Filipina
·
Malaysia
·
Vietnam
·
India
·
Mesir
|
·
Unjuk Kerja
|
·
Diskusi Jigsaw
|
·
Diskusikanlah pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika!
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 171 – 190)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
·
Kehidupan kekotaan dan munculnya pergerakan kebangsaan
Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
·
Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
·
Tes Tertulis
|
·
Pilihan Ganda
·
Uraian
|
·
Faham sosialisme masuk ke Indonesia melalui perantara
...
a.
Soebandrio
b.
Semaun
c.
Tan Malaka
d.
D.N. Aidit
e.
Sneevliet (Evaluasi hal 187 – 190)
·
Sebutkan faktor-faktor yang membuat lahirnya gerakan
pemuda di Indonesia! (Evaluasi hal 190)
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 171 – 190)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
·
Latar belakang lahirnya nasionalisme di Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mendiskusikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya
nasionalisme di Indonesia
|
·
Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda
·
Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya
nasionalisme di Indonesia
|
·
Unjuk Kerja
·
Portofolio
|
·
Diskusi
·
Uraian Analitis
|
·
Diskusikanlah pengaruh sistem tanam paksa, politik
etis, perkembangan media komunikasi-transportasi, dan nasionalisme di
Asia-Afrika bagi perkembangan nasionalisme di Indonesia! (Aktivitas hal 196)
·
Buatlah uraian analitis berdasarkan hasil diskusi!
(Aktivitas hal 196)
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 191 – 228)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
·
Transformasi etnik dan berkembangnya identitas
kebangsaan Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mendiskusikan proses terbentuknya transformasi etnik
dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia
|
·
Mendeskripsikan proses terbentuknya transformasi etnik
dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia
|
·
Unjuk Kerja
·
Portofolio
|
·
Diskusi
·
Uraian Analitis
|
·
Diskusikanlah pengertian nasionalisme dan peranannya
dalam masyarakat sekarang! (Aktivitas hal 200)
·
Buatlah uraian analitis berdasarkan hasil diskusi!
(Aktivitas hal 200)
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 191 – 228)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
·
Perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan
nasional Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mendiskusikan ideologi dan organisasi pergerakan
nasional Indonesia
|
·
Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi
pergerakan nasional Indonesia
|
·
Unjuk Kerja
|
·
Diskusi Jigsaw
|
·
Diskusikanlah perkembangan ideologi dan organisasi
pergerakan nasional Indonesia!
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 191 – 228)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
·
Peristiwa-peristiwa penting yang mengakibatkan
munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan
kebangsaan Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang
mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
·
Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang
mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
·
Tes Tertulis
|
·
Pilihan Ganda
·
Uraian
|
·
Ketua Partai Nasional Indonesia adalah ...
a. Soekarno
b. Husni Thamrin
c. Muso
d. Budiarto
e. Dewi Sartika (Evaluasi
hal 226 – 228)
·
Jelaskan latar belakang didirikannya GAPI! (Evaluasi
hal 228)
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 191 – 228)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
2.3. Menganalisis Proses
Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap
Kehidupan Masyarakat di Indonesia
|
Pendudukan Jepang atas Indonesia
·
Latar belakang Jepang menguasai Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Menonton film The
Last Samurai tentang Restorasi Meiji Jepang atau membaca berbagai
literatur mengenai Restorasi Meiji
|
·
Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia
|
·
Portofolio
|
·
Uraian Analitis
|
·
Carilah dan tontonlah film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise! Kaitkan dan
analisislah cerita dalam film tersebut dengan Restorasi Meiji pada abad
ke-19! Buatlah tulisan berbentuk analisis tentang nilai-nilai dari peristiwa Restorasi Meiji
dan kemunculan Jepang sebagai bangsa penjajah didukung oleh berakhirnya
kekuasaan para samura dan digantikan oleh para Shogun? (Analitika 244)
|
2x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 229 – 248)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
·
Zaman pendudukan Jepang di Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mendeskripsikan zaman pendudukan Jepang di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada
awal dan akhir masa pendudukan
·
Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi,
sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat
di berbagai daerah
|
·
Portofolio
·
Tes Tertulis
|
·
Karya Tulis dan Gambar
·
Pilihan Ganda
·
Uraian
|
·
Buatlah atau carilah sebuah gambar yang menceritakan
tentang kekejaman pendudukan Jepang di Indonesia! Lalu, buatlah sebuah karya
tulis mengenai opini dan pandanganmu tentang kekejaman kolonialisme Jepang!
(Aktivitas 244)
·
Pemberontakan terhadap Jepang yang dilakukan di Aceh
dipmpin oleh ...
a.
Tengku Abdul Jalil
b.
H. Madriyan
c.
Zaenal Mustofa
d.
Teuku Hamid
e.
Supriyadi (Evaluasi hal 245 – 248)
·
Adakah pemberontakan pada masa pendudukan Jepang?
Uraikan! (Evaluasi hal 247)
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 229 – 248)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
: SMA ......................
Program : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X1/2
Standar
Kompetensi : 3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi
Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke- 20
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
3.1. Membedakan Pengaruh
Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan
Pergerakan Nasional Indonesia
|
Peristiwa-Peristiwa Penting di
Amerika dan Eropa serta Pengaruhnya Bagi Indonesia
·
Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan hati,
optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
· Mendiskusikan jalannya
Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia
|
· Mendeskripsikan jalannya
Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia
|
· Unjuk Kerja
|
· Diskusi
|
· Diskusikanlah jalannya
Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia!
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA
– (hal 249 – 285)
· Peta konsep
· Power point
· OHP/Slide
· Buku penunjang
· Internet
|
·
Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan
Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi
Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional
Indonesia
|
·
Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi
Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional
Indonesia
|
·
Tes Tertulis
|
·
Pilihan Ganda
·
Uraian
|
·
Pengganti Lenin untuk memimpin Uni Sovyet adalah ...
a.
Thorsky
b.
Zinonov
c.
Stalin
d.
Lazimir
e.
Nicolas (Evaluasi hal 276 – 278)
·
Uraikan pengaruh peristiwa penting di Eropa dengan
kehidupan Indonesia! (Evaluasi hal 278)
|
3x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 249 – 285)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
|
3.2. Menganalisis
pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan
Politik di Indonesia
|
·
Pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan
Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan).
|
·
Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa
terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
|
·
Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa
terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
|
·
Tes Tertulis
|
·
Pilihan Ganda
·
Uraian
|
·
Revolusi Inggris pertama berkembang di ...
a.
Portugis
b.
Inggris
c. Spanyol
d. Amerika Serikat
e.
Belanda (Evaluasi hal 279 – 285)
·
Jelaskan akibat-akibat yang ditimbulkan oleh Revolusi
Industri! (Evaluasi hal 285)
|
1x45 menit
|
·
Buku sumber Sejarah SMA – (hal 249 – 285)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP/Slide
·
Buku penunjang
·
Internet
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar